Apakah Harus Mengganti AC Saat Udara AC tidak Dingin? Yuk Simak Cara Mengatasi AC Tidak Dingin!

AC atau Air Conditioner merupakan salah satu pilihan yang sering dipakai oleh orang Indonesia untuk mengatasi cuaca yang terlalu panas dan pengap di dalam ruangan. Namun, sama halnya dengan barang elektronik lainnya, AC juga membutuhkan perawatan secara berkala agar tetap bekerja secara maksimal. Jika suatu barang elektronik jarang dirawat, maka barang tersebut lama-kelamaan akan mulai rusak, sama halnya dengan AC.

Salah satu tanda-tanda awal kerusakan pada AC adalah menurunnya tingkat dingin yang dihasilkan. Hal ini sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor luar dan dalam. Contohnya saja adalah udara yang terlalu panas atau listrik yang sedang bermasalah. Namun, menurunnya tingkat dingin pada AC juga bisa disebabkan oleh beberapa kerusakan pada mesin atau beberapa komponen yang kotor.

Jika komponen tersebut kotor, anda bisa membersihkannya secara mandiri agar AC bisa bekerja seperti semula. Namun, jika terjadi kerusakan pada bagian dalam yang anda tidak pahami, ada baiknya untuk memanggil jasa service AC. Saat ini, jasa service AC sudah bisa ditemukan di hampir setiap tempat di Indonesia, contohnya saja adalah Rafa Teknik

Apa Faktor yang Menyebabkan AC Tidak Dingin?

Unit Pendingin yang Kotor

Salah satu penyebab AC tidak dingin yang paling sering ditemukan adalah terjadinya penumpukan kotoran pada unit pendingin udara. Hal ini kerap kali terjadi terutama pada tempat-tempat yang berada di pinggir jalan raya dimana angin di tempat tersebut seringkali tercampur dengan debu.

Cara mengatasi AC tidak dingin karena faktor ini adalah cukup dengan membersihkan kertas filter atau penyaring kotoran yang terdapat di dalam AC. Jika penyaring tersebut sudah mulai berubah warna, maka anda perlu untuk menggantinya dengan penyaring atau filter yang baru.

Kurangnya Gas Pendingin

Apabila sebuah AC kekurangan gas pendingin, maka otomatis kemampuan AC tersebut dalam menghasilkan udara dingin juga akan berkurang drastis. Maka dari itu, anda perlu memeriksa dan mengisi gas pendingin pada AC secara berkala.

Setiap pendingin udara atau AC mempunyai spesifikasi dari setiap unitnya masing-masing. AC biasanya menggunakan gas pendingin berupa gas freon, namun ada beberapa AC terutama jenis baru yang menggunakan gas jenis puron. Anda perlu memastikan gas apa yang digunakan dalam AC anda agar tidak terjadi kesalahan dalam pengisian gas pendingin.

Pipa Drainase yang Tersumbat

Salah satu bagian AC adalah pipa drainase yang mempunyai fungsi untuk membuang dan mengeluarkan air sisa pendinginan udara. Apabila pipa drainase tersebut tersumbat, maka otomatis kemampuan AC dalam mendinginkan udara juga akan terganggu. Hal ini biasanya disebabkan oleh lumut yang mulai tumbuh pada bagian dalam pipa. Cara mengatasi AC tidak dingin yang disebabkan oleh hal ini adalah dengan membersihkan lumut yang ada di bagian dalam pipa drainase tersebut.